Permasalahan dan dampak pandemi COVID-19 di masyarakat berakibat terganggunya kehidupan ekonomi dan sosial, diperlukan tindakan nyata dari PKK dalam mengimplementasikan sebagai Agen Penggerak di masyarakat, khususnya di lingkungan masing-masing.

Tujuan gerakan ini agar Kader PKK bersilaturrahim dengan tetangga, melihat kondisi langsung tetangga yang membutuhkan bantuan dan perhatian, serta menumbuhkembangkan rasa peduli dan empati masyarakat terhadap tetangga yang kurang beruntung, khususnya yang merasakan dampak COVID-19.

Gerakan PKK peduli tetangga antara lain, dengan berusaha untuk melihat dan mencermati kondisi kehidupan tetangga di lingkungan tempat tinggal, terutama bagi mereka yang berpenghasilan rendah dan kurang beruntung, menyisihkan satu porsi makan untuk tetangga, tidak perlu menunggu makanan yang lebih enak, cukup makanan yang dimakan hari itu.

Menyisihkan pakaian yang layak pakai untuk diberikan kepada tetangga, agar mereka merasa ada orang yang menyayangi dan melindungi, tidak perlu menunggu tetangga meminta bantuan.

Menjalin silaturrahmi dengan baik, datanglah dengan senyuman dan sapa hangat sehingga tetangga kita tidak merasa sendirian, dan disaat tangan memberi, lakukan tangan kiri untuk merangkul, lakukan komunikasi dan sama-sama mengajak terus beribadah dan berdo’a kepada Allah SWT untuk menjadi hambaNya yang takwa.

pkk.binjaikota.go.id