Gerakan Literasi Nasional meliputi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Gerakan ini meliputi empat bagian, yaitu gerakan literasi sekolah, gerakan literasi keluarga, gerakan literasi bangsa dan gerakan literasi masyarakat. Selama ini literasi sering diterjemahkan hanya keaksaraan. padahal keaksaraan atau program pemberantasan buta huruf hanya sebagian kecil dari literasi yaitu bagian dari literasi baca tulis. Sedangkan kelima literasi lainnya hampir tidak pernah disentuh.
Dikampung Literasi dikembangkan program kenam literasi dasar yaitu literasi baca tulis, literasi berhitung, literasi sains, literasi keuangan, literasi teknologi informasi dan komunikasi serta literasi budaya dan kewarganegaraan. Keberadaan kampung literasi memberikan perluasan akses informasi kepada masyarakat, menumbuhkan dan membudayakan minat baca mengembangkan keterampilan. atas dasar itu Pemerintah Kota Binjai, Tim Penggerak PKK Kota Binjai dan Komunitas Binjai Kota Cerdas membentuk kampung literasi dalam acara Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK Kesehatan pada tanggal 17 Oktober 2018.
Sementara itu pada Launcing Kampung Literasi Dasawisma Anggrek di Kelurahan Sumber Karya pada hari selasa, 23 Oktober 2018 Ketua TP PKK Kota Binjai Ny. Hj Lisa Andriani M Idaham, S.Psi mengapresiasi para relawan literasi dan penggiat literasi yang telah membentuk embrio kampung literasi di tujuh kelurahan di kota binjai. Beliau berharap dengan adanya kampung literasi dikelompok dasawisma dapat menggugah masyarakat untuk ikut serta dalam membangun binjai, karena binjai smart apabila masyarakatnya smart karena gemar membaca dan melahirkan karya-karya literasi.
pkk.binjaikota.go.id