Monitoring berlangsung selama dua hari, yang dimulai hari Rabu-Kamis (7-8/3), dilaksanakan di 20  Kelurahan dari lima Kecamatan, dimana tiap Kecamatan diwakili 4 Kelurahan dan masing-masing kelurahan mengikuti satu kategori lomba.

Adapun kategori lomba yaitu tertib administrasi PKK, pola asuh anak dan remaja, UP2K PKK, dan hatinya PKK. Ada pula kategori IVA test yang penilaiannya per Kecamatan.

Ketua TP PKK Kota Binjai, Hj Lisa Andriani Idaham dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menindaklanjuti supervisi yang telah dilakukan beberapa waktu lalu dan nantinya akan dilanjutkan tahapan evaluasi dan penilaian.

Pada tahap evaluasi nanti tidak ada lagi saran-saran perubahan, melainkan langsung penilaian. Kelurahan atau Kecamatan yang paling tinggi nilainya akan disupervisi oleh tim penilai Provinsi di pertengahan bulan April,” kata Lisa.

Lisa mengungkapkan, ada beberapa masalah yang ditemui pada saat supervisi oleh TP PKK Kota Binjai beberapa waktu lalu. Antara lain, masih sedikitnya pembinaan yang dilakukan oleh TP PKK Kecamatan dan tidak sedikit informasi dari TP PKK Kota Binjai yang berhenti di tingkat Kecamatan dan tidak diteruskan kepada TP PKK Kelurahan.

Selain itu, kurangnya pemahaman terhadap indikator lomba, kurang tertibnya administrasi dan belum maksimalnya koordinasi antara TP PKK Kecamatan dan Kelurahan dengan pembina PKK Kecamatan dan Kelurahan.

Untuk itu, Lisa menghimbau TP PKK Kecamatan dan Kelurahan agar meningkatkan perannya dan lebih responsif terhadap perkembangan gerakan PKK.

Kita harus tunjukkan kalau PKK adalah aksi nyata dan bermanfaat bagi peningkatan kesehatan dan kesejahteraan keluarga,” ungkap Lisa. [rtw]

pkk.binjaikota.go.id